-->

Era Penemuan Fotografi Instans


Tutorial Foto - Mempelajari dunia fotografi tentunya tidak akan terlepas dari penemuan film instan yang tidak memerlukan proses kimia yang rumit untuk mencetak hasilnya.
Film instan diterapkan pada kamera instan yang mampu melakukan pencetakan hasil secara langsung (self defeloping film).

Penemuan dan penciptaan kamera instan adalah seorang ilmuwan bernama Edwin Herbert Land, yang secara tidak sengaja saat land bersama keluarga sedang bertamasya ke New Mexico. Waktu itu Land sedang memotret anaknya kemudian sang anak merengek-rengek ingin segera melihat hasilnya, padahal saat itu land mereka sedang berada sangat jauh dari tempat untuk melakukan proes cuci cetak film. Edwin Herbert Land yang tercatat dalam Guinnes Book of World Records sebagai ilmuwan terkaya.

Untuk merealisasikan impian membuat kamera yang hasilnya bisa langsung dilihat, pada tahun 1932 Land mendirikanlaboratorium bersama seorang instruktur fisika di Harvard,  yang kemudian bersama-sama mengembangkan dan mengomersialisasikan teknologi polarisasi. Land kemudian mengembangkan bisnisnya menjadi Polaroid Corporation pada tahun 1937.

Land mengembangkan teknologi polarisasinya dengan trademark Polaroid. Land juga tercatat sebagai penemu filter yang dapat digunakan untuk menangkap polarisasi pada sinar. Setelah sukses mengembangkan teknologi lensa filter polarisasi pada kaca dan kamera, Selain itu,  Land ternyata mengembangkan dunia bisnisnya dengan memasuki dunia militer pada Perang.

Akhirnya obsesi Land untuk menciptakn kamera Instan terealisasi pada tanggal 21 Februari 1947,  terciptalah kamera dan film instan pertama yang disebut Land Camera.  Kamera itu termyata menjadi kamera yang laris dan habis terjual dalam waktu yang sangat singkat.

Land-Camera Pada produksinya adalah kamera instan yang menggunakan film berbentuk gulungan atau rol sebagai media perekaman gambarnya.  Pada model terbaru,  filmnya sudah berupa kotak-kotak pack yang memerlukan pengelupasan lapisan penutup agar bisa mendapatkan gambar yang telah di capture.  Kamera Polaroid yang sangat terkenal adalah jenis sx 70,  yang menyertakan film dengan 10 jenis pencahayaan secara integral.

Kotak film dalam bentuk pack tersebut berisi larutan kimia yang digunakan untuk mengembangkan atau develop gambar di kertas yang menjadi dasarnya.  Secara otomatis,  kertas film foto instan itu akan melakukan proses develop saat film keluar dari badan kamera.  Dalam jeda waktu tertentu,  objek akan terlihat pada kertas film instan itu.  Oleh karena model kamera tersebut begitu populer,  beberapa produsen film terkenal lain,  seperti Fuji dan Kodak,  juga ingin memproduksi film instan.


0 Response to "Era Penemuan Fotografi Instans"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel