-->

Mengenal Feature Pendukung Pada Kamera, Aperture

Tutorial Foto - Aperture atau yang biasa dilambangkan dengan huruf f dan disebut juga dengan diafragma atau bukaan, adalah merupakan nilai besaran bukaan diafragma pada lensa yang bisa kita atur.

Pada era kamera manual (film), pengaturan aperture terletak pada lensa.Sedangkan pada era digital, pengaturan aperture terletak pada body kamera. Pengaruh aperture pada gambar yang dihasilkan adalah pada perbedaan tingkat ketajaman ruang gambar (depth of field).

Semakin kecil nilai aperture yang digunakan, maka ruang ketajaman gambar yang dihasilkan semakin tipis (sempit) dan semakin besar nilai aperture maka ruang ketajaman akan bertambah lebar. Biasanya aperture atau diafragma ini terletak pada lensa, bukan seperti pada shutter yg biasa diletakkan di dalam kamera.

Pada lensa2 canon, biasa ditulis dg tulisan 1:(f number). dg contoh 1:1.8, maksudnya adalah bukaan diafragma terlebar pada lensa ini adalah f 1.8. Rumus untuk aperture, semakin besar bukaan diafragma pada lensa, maka semakin banyak cahaya yg masuk ke kamera. Semakin kecil bukaan diafragma maka semakin sedikit pula cahaya yg masuk ke kamera. Jadinya? Ya kalo dibuka lebar, otomatis ruang tajemnya berkurang, dan kalo dibuka kecil jadinya ruang tajamnya juga bertambah.

0 Response to "Mengenal Feature Pendukung Pada Kamera, Aperture"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel