-->

Mengenal Feature Pendukung Pada Kamera, White Balance

Tutorial Photo - White balance adalah color cast yg terjadi akibat perbedaan kondisi pencahayaan. Fungsi dari white balance pada kamera adalah untuk mendapatkan warna putih yg putih, meski terjadi color cast. Pada kondisi normal, settingan ini biasanya terletak pada posisi AWB (Auto White Balance), namun jika warna yg dihasilkan tidak seperti pada kondisi asli, kita bisa merubahnya ke settingan yg lain seperti Tungsten, Cloud, Shadow, Daylight, Fluorescent dan Custom.

Contoh jika kita mau ambil foto sunset di pantai, tapi karena settingan di kamera AWB dan hasilnya sedikit kebiruan, dan kita menginginkan 'yg sedikit kekuningan' biar serasa sunset yg 'wuaaaaaah' kita bisa merubahnya ke WB yg tandanya Awan (Cloudy) atau kalo masih kurang kuning bisa dirubah ke Bayangan (Shade). Atau kalau seandainya kita memotret ruangan bisa kita set di AWB untuk ndapetin berbagai warna yg ada, dan bisa juga kita set di WB Bohlam (Tungsten) untuk 'normal'nya.

Di kamera pro dan semi pro tersedia white balance dengan lambang 'K'/Kelvin yang memudahkan fotografer mengatur white balance berdasarkan suhu cahaya yang diinginkan pada gambar.

0 Response to "Mengenal Feature Pendukung Pada Kamera, White Balance"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel