-->

Mengenal Feature Pendukung Pada Kamera, Metering

Tutorial Foto - Metering Mode pada kamera umumnya dibagi menjadi:

  • Evaluate/Matrix
    Pada mode ini kamera akan menghitung keseluruhan pencahayaan dari sebuah frame
  • Partial
    Pada mode ini kamera akan menghitung sekitar 10 % area pada tengah sensor
  • Center Weighted
    Metering ini didapatkan dengan penekanan hitungan EV pada pusat tengah dari sensor
  • Spot
    pada mode ini kamera menghitung EV 3,5% dari titik fokus yang ditentukan pada area sensor

Mungkin kalian semua bertanya tentang bahasan di atas.
Metering mode yang dibicarakan di atas adalah metode untuk mengukur tingkat pencahayaan suatu scenery yang ada di kamera.

Seperti yang kita ketahui bahwa metering pada kamera dibagi menjadi 5 zone yaitu: Hitam, dark grey, grey 18%, light grey dan putih. Apapun warna yang ada dan bagaimanapun cahaya yang terpantulkan dari suatu bentuk atau objek, maka kamera akan mengarahkan penghitungan metering ke grey 18 % atau menuju warna abu-abu
Atau secara mudah bisa dijelaskan sebagai berikut. Jika kita mengambil gambar atau menekan shutter kamera dimanapun, pasti ada hitungannya bukan? contoh seperti F11 Shutter 1/125 ISO 200, settingan inilah yg dihasilkan oleh suatu konsep di kamera yg dinamakan 'metering'! dari sini setiap keadaan kan pasti hitungannya berbeda, itulah yg dinamakan ‘variasi metering’. nah, jadi kalo seandainya kita ingin merubah kondisi hitungan tersebut menjadi ‘sedikit lebih gelap/sedikit lebih terang’, itu dinamakan 'kompensasi metering'.

Katakanlah kita menemui sebuah scene kertas berwarna hitam, setengah hitam, abu-abu, setengah putih, dan putih. Nah dari sini jika kita 'mengframekan' kamera pada warna abu-abu, maka yg terjadi adalah metering kamera akan menjadikan warna abu-abu tersebut menjadi abu-abu. Tapi jika kita mengframekannya pada warna selain itu, hitam/putih, maka kamera juga akan menjadikannya kewarna dasar perhitungan yaitu abu-abu.

Cara mengantisipasinya
Cari tombol "'lock' metering yg didapat kamera dengan tombol AEL di kamera Nikon dan lambang * di kamera Canon, kunci, kompensasi, tekan tombol tersebut baru tekan shutter atau bisa juga, kompensasi, kunci, terus Jepret.

Umpamanya kamera mendapatkan warna putih, yg harus dilakukan adalah? Menggeser jarum yg ada di 0 ke +2. Trus kalo hitam? Geser jarum ke -2. kalo setengah hitam atau setengah putih? ya geser ke arah +1 atau -1.

Jika Objek berwarna?
Intinya kalau hasil gambar yang dihasilkan kamera ‘kurang terang/kurang gelap’, berarti butuh di set up lagi settingan yg dihasilkan, biar gambarnya ‘sesuai dg apa yg kita lihat’. Biasanya kita menyebutnya dg sebutan ‘Metering 0’, metering atau nilai ekposure yg sesuai dg apa yg kita lihat pada saat pengambilan gambar. kalau warnanya gitu’, hasil di kamera juga harus ‘gitu’, begitu pula kalo terangnya ‘segini’, ya hasil di kamera juga terangnya harus ‘segini’. Foto yang kita hasilkan harus sesuai dengan yang kita lihat. "What you See what you get"

0 Response to "Mengenal Feature Pendukung Pada Kamera, Metering"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel